Rss

About Me

My photo
SURAKARTA, JAWA TENGAH, Indonesia
Pernah bersekolah di SDN Begalon 2 Surakarta berlanjut ke SMP N 2 Grogol, Skh. Lalu ketika semester 3 pindah ke Banjarnegara, bersekolah si SMP N 2 Banjarnegara dikarenakan perintah orang tua. Dan saat semester ke 4 pindah lagi ke Solo dan bersekolah di SMP N 25 Surakarta. Sekitar tahun 2004/2005 lanjut ke SMK TP 2 Surakarta dan lulus pada tahun 2008. Mulai berkuliah di POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA pada tahun 2010. Minat saya hanya ingin bekerja dengan imajinasi saya, bukan dengan tenaga maupun berfikir hitung-hitungan yang ribet, hehe.. Saya ingin menjadi seorang desainer dan musisi.. :-D

Saturday, May 12, 2012

Cara Mendapatkan Hari Dari Tanggal Menggunakan PHP

sumber:
http://away.web.id/cara-mendapatkan-hari-dari-tanggal-menggunakan-php/

Menggunakan kalender, kita bisa mengetahui hari dari sebuah tanggal. Misalnya tanggal 10 Mei 2012 adalah hari Kamis. Bagaimana cara mengetahui nama hari dari sebuah tanggal menggunakan program PHP?

Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan fungsi date yang ada di php. Perhatikan contoh program php di bawah ini

<?php

$tgl = “2012-05-10″;

$hari = date(‘l’,strtotime($tgl);

echo “Tanggal $tgl adalah hari $hari”;

?>

Keterangan :

misalnya tanggal yang akan dicari harinya adalah tanggal 10 Mei 2012. Tanggal ini saya simpan ke dalam variabel $tgl. Formatnya harus 2012-05-10 (tahun 4 digit-bulan 2 digit-tanggal 2 digit) atau bisa juga menggunakan Tanggal Bulan Tahun (10 May 2012).

date adalah fungsi php yang digunakan untuk menampilkan waktu. Fungsi ini memiliki bentuk

string date ( string $format [, int $timestamp = time() ] )

Untuk parameter pertama sifatnya wajib, pada contoh program yang saya buat di atas, digunakan format l (L kecil) yang akan menampilkan nama sebuah hari dalam bahasa Inggris (Sunday – Saturday). Untuk format lain bisa dilihat di sini. Sementara untuk parameter kedua, sifatnya optional, jika tidak diberikan, akan digunakan waktu saat ini yang ada di server.

Sementara fungsi strtotime untuk merubah waktu menjadi format Unix timestamp.

Hasil program bisa dilihat di sini. Oiya nama hari masih dalam bahasa Inggris, untuk menggantinya menjadi bahasa Indonesia, silakan coba sendiri . Kapan-kapan saya share lagi

0 comments:

Post a Comment

Coment here